Pertemuan Rutin Rakor PKK Desa Canduk

Pertemuan Rutin Rakor PKK Desa Canduk

Rapat rutin PKK bulan November 2023, bertempat di Balai Desa Canduk.

Dihadiri oleh Ketua TP PKK, Wakil Ketua, dan Ibu-Ibu PKK.

Adapun Susunan Acara :

  1. Pembukaan
  2. Menyanyikan Mars PKK dan Mars KB
  3. Ucapan Selamat Datang dar Ketua TP PKK
  4. Santapan Rohani
  5. Pembacaan Notula
  6. Pengisian
  7. Stressing
  8. Lain-Lain
  9. Penutup

Pengisian pertemuan kali ini membahas tentang Cek IVA yaitu cek Kanker leher Rahim ( Kanker Serviks ) merupakan  kanker tebanyak yang ditemukan oleh Yayasan Kanker Indonesia setelah kanker payudara. Menurut WHO 490.000 perempuan di dunia setiap bulannyanya didiagnosa terkena kanker serviks dan 80 % berada di Negara berkembang termasuk Indonesia.

Setiap 1 menit muncul kasus baru dan setiap 2 menit meninggal 1 orang perempuan karena kanker serviks. Di Indonesia diperkirakan  setiap hari muncul 40-45 kasus baru, 20-25 orang meninggal karena kanker serviks. Artinya Indonesia akan kehilangan 600-750 orang perempuan yang masih produktif setiap bulannya.

Hal ini mungkin ada kaitannya dengan, sekitar sepertiga dari kasus-kasus kanker termasuk kanker serviks datang ketempat pelayanan kesehatan pada stadium yang sudah lanjut dimana kanker tersebut sudah menyebar ke organ-organ lain di seluruh tubuh sehingga biaya pengobatan semakin mahal dan angka kematian semakin tinggi.

Disisi lain kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang kanker termasuk faktor-faktor risiko dan upaya pencegahannya masih kurang. Padahal 90-95 % faktor risiko terkena kanker berhubungan dengan perilaku dan lingkungan. Karena itu perlu ada suatu gerakan bersama, menyeluruh dan berkesinambungan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kanker terutama kanker serviks.

Berikut Dokumentasi Kegiatan :

Related Posts

Komentar